Berkah Herbal Banner 18



Rabu, 27 Januari 2016

System File Checker

System File Checker



Menggunakan System File Checker (SFC) dalam Windows 7




System File Checker (SFC) adalah sebuah tool utility yang berguna untuk memeriksa integritas File Sistem Windows Vista, 7, 8, 8.1, serta mengganti atau memperbaiki file sistem, jika ditemukan kerusakan, korup, atau sudah dimodifikasi di dalamnya. Meski demikian, System File Checker (SFC) juga bisa digunakan hanya untuk sekedar memeriksa tanpa memperbaiki kondisi file sistem Windows.
  • System File Checker harus dijalankan dari jendela Command (CMD) level Administrator (elevated command prompt) dalam Windows Normal Mode ataupun Safe Mode.
  • Tetapi jika Windows tidak bisa booting Normal/Safe Mode, silahkan baca Menjalankan System File Checker (SFC) Saat Booting.
  • SFC akan hanya memeriksa integritas (verify) file sistem, atau juga memperbaiki kerusakan (scan and repair), tergantung dari bentuk perintah (command) yang diberikan di dalam command prompt.
    1. Perintah sfc /scannow : akan memeriksa dan melakukan perbaikan (penggantian) jika ada kerusakan (perubahan) sistem file.
    2. Perintah sfc /verifyonly : hanya akan memeriksa tanpa melakukan perubahan apapun pada sistem file yang rusak.
  • SFC akan membuat catatan (log-file) tentang apa yang sudah dilakukan. File ini disimpan di : C:\windows\logs\cbs\cbs.log. Catatan ini bisa berguna untuk menunjukkan file-sistem mana yang tidak bisa diperbaiki oleh SFC, sehingga kita bisa melakukan perbaikan secara manual.
  • Tool System File Checker (SFC) terletak dalam path C:\Windows\system32\sfc.exe. Sedangkan backup "file duplikat"-nya ada di path C:\Windows\system32\dllcache\sfc.exe.

Cara Menggunakan System File Checker (SFC) Windows 7

Catatan : jika sebelumnya sudah dilakukan modifikasi terhadap File Sistem, mis. thema, tampilan Explorer dll., maka SFC akan mengembalikannya ke setelan-awal/setting-default Windows. Jadi sebelum menggunakan SFC, sebaiknya mem-backup setting yang sudah dilakukan sebelumnya.

Menjalankan SFC untuk Scan and Repair file sistem

  • Ini akan melakukan scan dan perbaikan atau perubahan file sistem, jika ditemukan kerusakan atau kesalahan.
  1. Buka jendela Command level Administrator, caranya : Klik Start - All Programs - Accessories - klik-kanan Command Prompt - pilih Run As Administrator.
  2. Ketik perintah sfc /scannow, lalu tekan Enter. Gambar-1.
  3. Tunggu sampai proses scanning selesai.
  4. Setelah proses selesai, (semoga) tampil pesan teks yang menyatakan bahwa semuanya baik-baik saja. Gambar-2.
  5. Untuk keluar dari command prompt, ketik exit dan tekan Enter.

Menjalankan SFC hanya untuk Verifikasi file sistem
  • Ini hanya akan melakukan verifikasi atas integritas file sistem, tanpa melakukan perubahan maupun perbaikan file sistem.
  1. Buka jendela cmd level Administrator seperti cara di atas (klik-kanan - Run As Administrator).
  2. Ketik perintah sfc /verifyonly, lalu tekan Enter.
  3. Tunggu sampai proses scanning selesai.
  4. Selanjutnya tampil pesan (semoga) semuanya serba OK.
  5. Untuk keluar dari command prompt, ketik exit dan tekan Enter.

Klik gambar untuk tampilan lebih besar.
menggunakan system file checker sfc
Gambar-1
menjalankan system file checker windows 7
Gambar-2
Setelah menjalankan System File Checker (SFC)
Perintah sfc /scannow akan men-scan semua sistem file yang terproteksi, dan mengganti yang rusak dengan backup yang ada di folder (terkompresi) %Windir%\system32\dllcache. Place holder [%windir%] menyatakan folder Windows yang biasanya adalah C:\Windows.
Note : Jangan menutup layar Command Prompt sebelum dinyatakan 100% selesai. Hasil scan akan ditampilkan setelah proses selesai.

Setelah proses scan selesai, akan tampil salah satu pesan di bawah ini.

  1. Windows Resource Protection did not find any integrity violations. -- Pesan ini berarti bahwa tidak ada file sistem yang hilang atau rusak.
  2. Windows Resource Protection could not perform the requested operation. -- Pesan ini berarti bahwa SFC tidak bisa dilaksanakan. Untuk mengatasinya, lakukan SFC dari Windows Safe Mode, dan pastikan folder [PendingDeletes] dan folder [PendingRenames] ada di %\windir\WinSxS\Temp.
  3. Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them. Details are included in the CBS.Log %WinDir%\Logs\CBS\CBS.log. -- Pesan ini berarti bahwa telah ditemukan file rusak dan sudah diperbaiki. Detilnya ada di file %windir%\Logs\CBS.Log.
  4. Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. Details are included in the CBS.Log %WinDir%\Logs\CBS\CBS.log. -- Pesan ini berarti bahwa ditemukan file rusak, tetapi tidak berhasil diperbaiki. Detilnya ada di file  CBS.Log %WinDir%\Logs\CBS\CBS.log.

Jika System File Checker (SFC) Gagal
  1. Jika SFC tidak bisa memperbaiki kerusakan yang ditemukan, coba jalankan lagi SFC. Kadang perlu menjalankan SFC sampai 2-3 kali agar dapat melakukan perbaikan yang diperlukan secara efektif. Hal ini adalah hal biasa dalam perbaikan sistem file.
  2. Jika masih juga gagal, mungkin perlu men-download System Update Readiness Tool di support.microsoft.com/kb/947821 untuk melakukan update pada SFC.
    1. Download dan install sesuai dengan versi (32/64bit) Windows yang sedang digunakan.
    2. Setelah selesai download dan instal, restart pc, dan ulangi menjalankan SFC.
  3. Jika masih gagal, ada baiknya menjalankan SFC saat booting - bagaimana caranya, baca artikelnya - link ada di atas. Caranya sama saja, hanya Command Prompt-nya mesti dibuka dari System Recovery Options Windows 7 pada saat booting.
  4. Jika masih gagal lagi, cobalah menjalankan System Restore.
  5. Jika masih gagal juga, coba untuk melakukan penggantian file sistem (yang tidak bisa diperbaiki oleh SFC) secara manual. Untuk mengetahui file apa yang mesti diganti, lihat di log file [CBS.Log] dalam path di atas.
  6. Dan jika ternyata yang mesti diperbaiki ada cukup banyak, atau kita tidak ingin melakukannya, maka pilihan terbaik adalah melakukan Repair Install Windows 7, yang tidak akan menghapus program aplikasi dan personal file yang sudah ada.
  7. Atau melakukan clean install Win 7 pun juga bukan pilihan buruk (sekalian untuk pc total refresh).

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com