Berkah Herbal Banner 18



Rabu, 27 Januari 2016

Shutdown Cepat

Shutdown Cepat


Cara Mempercepat Proses Shutdown Pada Windows 7


Pada umumnya user lebih mempersoalkan proses Startup yang lambat, tetapi proses Shutdown yang lambat pun juga bisa memicu naiknya tensi. Badan sudah capek, pengin cepet istirahat, malah PC gak juga mau "mati". Mau langsung ditinggal, takut kalau mendadak muncul error saat shutdown.

Dalam situasi tertentu, Shutdown bisa memicu problem, sebab dibalik proses Shutdown terjadi aktifitas sistem yang tidak sederhana. Tapi hal ini akan saya bahas lain waktu. Insyallah.

Mempercepat Proses Shutdown Windows 7

shutdown cepat
Gambar-1
registry shutdown
Gambar-2
shutdown shortcut
Gambar-3
Catatan :
  1. Cara berikut ini adalah me-modifikasi (hack) file Registry Windows. Perlu diketahui, bahwa hacking file Registry bukan tanpa resiko. Kesalahan disini bisa mengakibatkan Windows macet ! Jika sampai terjadi yang demikian, maka itu adalah resiko User ybs. Jadi sebelum melakukan modifikasi file Registry apapun, sebaiknya membuat backup registry terlebih dahulu !
  2. Sebelum menerapkan cara-cara dibawah ini sebaiknya baca artikel Mengatasi Shutdown Yang Lambat, (lihat Artikel terkait dibawah halaman ini) untuk memastikan tidak ada kendala apapun dalam proses shutdown PC.

  • Langkah - 1
  1. Masuk Registry Editor, caranya : tekan tombol Windows + R. Lalu ketik regedit dan tekan Enter. Maka jendela Registry Editor akan tampil.
  2. Buka (navigasi) ke folder registry : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control  Lihat Gambar-1, klik gambar agar tampil lebih besar. 
  3. Lihat kolom-kanan : cari string WaitToKillServiceTimeout. Klik-ganda string tsb. dan pilih Modify.
  4. Tampil jendela Edit String. Pada box Value Data ubah angka default 12000 (12 detik) menjadi 2000 (2 detik),
  5. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

  • Langkah - 2
  1. Masih didalam Registry Editor.
  2. Buka (navigasi) ke folder registry : HKEY_CURRENT_USER\ControlPanel\Desktop
  3. Lihat kolom kanan : cari string WaitToKillAppTimeout. Jika string ini tidak/belum ada, silahkan dibuat dahulu, caranya :
  4. Klik kanan folder Desktop (kolom kiri), klik New, klik String Value.  Lihat Gambar-2.
  5. Ketik nama string : WaitToKillAppTimeout
  6. Selanjutnya isikan Value Data dengan angka 2000, (caranya seperti Langkah - 1 No.3 diatas), dan klik OK untuk men-Save.
  7. Masih dalam folder yang sama, cari string AutoEndTasks, ubah Value Data menjadi = 1 (jika ada, jika tidak-ada ya sudah).
  8. Tutup jendela Registry Editor.

  • Langkah - 3
Ini sifatnya optional, boleh dibuat dan tidak pun juga tidak apa-apa. Ini hanya sebuah Shortcut untuk Shutdown Tool yang sudah ada didalam Windows, yang biasa dijalankan dan bisa dikontrol dari Command Line.
  1. Klik-kanan area Desktop yang kosong, pilih New, lalu klik Shortcut.
  2. Pada box Type the location of the item, ketik : shutdown.exe -s -t 00 -f , kemudian klik Next. Lihat Gambar-3.
  3. Beri nama shortcut, misalnya Shutdown PC , atau apa saja. Klik Finish.
  4. Selanjutnya di Desktop muncul satu shortcut baru "Shutdown PC", yang bisa digunakan untuk shutdown komputer lebih cepat dibanding jika menggunakan tombol Shutdown dari Start Menu. Yang membedakan adalah adanya parameter [ -s -t 00 -f ].
  5. Agar tidak terhapus tanpa sengaja, letakkan shortcut tsb. di TaskBar atau di Quick Lunch. Untuk menggunakannya tinggal di klik-ganda pada shortcut tsb, maka komputer akan melakukan fast-shutdown.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com