Berkah Herbal Banner 18



Rabu, 27 Januari 2016

LowVel 6.1

LowVel 6.1

Low Level Format HDD Menggunakan LowVel 6.1


Melakukan Low Level Format (Low Format) memerlukan bantuan software khusus. Salah satunya adalah LowVel 6.1 (free software). Perlu diingat bahwa Low Level Format akan menghancurkan sama sekali seluruh isi (data) di dalam HDD, dan tidak akan bisa dibatalkan atau di-recover kembali. Silahkan membaca artikel Pengertian Low Level Format, yang menjelaskan dengan lebih detil.

Note :

  • Berhati-hati dalam meng- klik tombol dalam software LLF yang ber-basis Windows, dan berhati-hati menekan tombol Enter pada software berbasis DOS.

Low Format Menggunakan LowVel 6.1
Saat dijalankan, LowVel 6.1 akan menampilkan semua storage device yang terpasang di PC, Juga akan ditampilkan apakah suatu device bisa di-lock untuk akses-eksklusif atau tidak. Jika suatu device tidak bisa di-lock, mis. karena device nya adalah sebuah disk-sistem, atau ada file yang sedang terbuka, maka akan tampil "cannot lock" di belakang nama device tsb. Meski demikian, masih bisa dilakukan Low Format pada device tsb. hanya saja tidak semua data akan bisa terhapus.

  • Gambar-1a : Memilih device storage yang akan di-Low Format, dengan klik drop-down list. Pastikan memilih device dengan benar.
  • Gambar-1b : Setelah device yang dikehendaki sudah terpilih dengan benar, klik tombol Start (gambar tengkorak).
  • Gambar-2   : Muncul layar Warning, pada field Device details tampil informasi tentang device storage yang telah dipilih dan akan di Low Format. Sekali lagi, pastikan bahwa Anda sudah memilih device yang dikehendaki, ingat resiko kehilangan data PERMANEN. Setelah yakin, tekan tombol Erase.

>>> Klik gambar untuk tampil lebih besar, atau klik kanan pilih Open in New Tab.
cara low format harddisk
Gambar-1
cara low format hdd
Gambar-2

  • Gambar-3a : Proses Low Format akan berjalan. Ini adalah proses penelusuran dan zero-fill pada setiap sector dalam HDD. Butuh waktu cukup lama, tergantung besarnya kapasitas dan kondisi (sector) dalam HDD. Jika tidak ditemukan adanya sector rusak (bad-sector) maka akan ditunjukkan dalam "blok warna Hitam".
  • Gambar-3b : Jika banyak sector yang rusak (bad), akan semakin butuh waktu lebih lama. Kondisi sector yang rusak (jika ada) akan ditunjukkan dalam "blok warna Merah".
cara low level format hdd
Gambar-3
Pada situasi tertentu, mungkin akan muncul satu atau beberapa kali "warning" yang menyebutkan LowVel 6.1 tidak bisa melakukan locking device untuk akses eksklusif (zero fill). Ini bisa terjadi jika device tsb. adalah system disk (tempat OS ter-instal), atau bisa juga logical disk dimana ada file yang sedang terbuka.

Jika hal tersebut terjadi, ada 2 (dua) pilihan :

  1. Klik Yes - dan lanjutkan proses zero-fill. Tetapi harus terima kenyataan bahwa tidak semua sector (file) akan dihapus karena sedang digunakan.
  2. Klik No - dan kembali ke layar utama LowVel 6.1. Tutup dahulu jika ada file yang terbuka, dan tutup juga Explorer yang terbuka.
Lalu coba lagi untuk melakukan Low Format.
Keterangan lainnya.

  1. Disk Map : dalam disk map LowVel 6.1 bisa dimonitor proses zero-fill, atau proses penelusuran sector.
    Ada 3 (tiga) warna dalam disk map, yaitu :
    1. Hitam - menunjukkan data block sudah berhasil di-zero-fill.
    2. Red - menunjukkan setidaknya ada satu sector dalam block tsb yang kondisinya bad.
    3. Biru - menunjukkan data block sedang dalam proses zero-fill.
  2. Status Bar : terletak dibagian paling bawah, menampilkan jumlah data yang telah di zero-fill, serta jumlah bad-sector yang ditemukan. Sayang tidak disebutkan berapa jumlah yang berhasil di-realokasi.
  3. Tombol Stop : tombol akan aktif saat proses dimulai. Jika di-klik, proses akan berhenti, tetapi data yang sudah terhapus tetap akan terhapus selamanya. Jika kemudian tombol Start ditekan, maka proses akan berjalan dari awal lagi.

Masih ada banyak lagi software untuk melakukan Low (Level) Format, silahkan mencobanya sendiri siapa tahu memiliki fitur yang lebih baik. Untuk download LowVel 6.1 silahkan ke url ini :
http://www.lowlevelformat.info/download.aspx

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com