Berkah Herbal Banner 18



Rabu, 27 Januari 2016

Defragmentasi Registry

Defragmentasi Registry



Meningkatkan Kinerja PC dengan Defragmentasi Registry




Isi artikel Defragment Registry

Artikel tentang Defrag Registry, defragment registry, registry defragmentation, defrag file registry, defragmentation on registry files, software defrag registry, defragment utility, menata file registry, registry windows, cara defrag registry, how to defragment registry, windows registry defragmenting.

Fungsi Registry Windows

File Registry sebagai bagian terpenting dalam sistem operasi Windows, sangat menentukan performa atau kinerja komputer berbasis Windows. Registry sering disebut sebagai "jantung" dari Windows, karena registry inilah yang menentukan bagaimana Windows harus beroperasi untuk melaksanakan perintah dari User.

Oleh karena itu, jika ada problem didalam Registry, bisa dipastikan Windows pun akan mengalami masalah operasional. Harus selalu dijaga agar struktur Registry tidak menyulitkan Windows dalam menjalankan berbagai perintah dari User. Jika Windows mengalami kesulitan dalam meng-akses Registry, maka kinerja sistem pc akan sangat merosot, menjadi lambat (lemot), bahkan macet (halt).

Terjadinya Fragmentasi Registry

Tak berbeda dengan file data lainnya, maka file Registry pun juga dapat mengalami fragmentasi. Secara umum proses terjadinya fragmentasi registry tidaklah berbeda pada fragmentasi file lainnya. Fragmentasi dalam Registry lebih banyak disebabkan oleh terjadinya "lubang struktur" (hole) yang berupa free space dalam area penyimpanan Registry.

Lubang-lubang struktur registry ini terjadi karena proses instal dan uninstal aplikasi, proses modifikasi (tweaking) Windows, dll. Keadaan semakin banyak hole dalam area registry, disebut fragmentasi Registry.
Dengan kata lain "ruang registry" tidak bisa men-ciut dengan sendirinya.
Hal ini akan sangat menyulitkan Windows meng-eksekusi suatu perintah yang diberikan. Kondisi ini akan muncul dalam sistem pc sebagai "kinerja yang lambat".

Keberadaan lubang struktur (hole) dalam area Registry ini harus dihilangkan, agar struktur registry menjadi solid, tidak terpecah (ter-fragmentasi). Defragmentasi registry penting dilakukan untuk menjaga keutuhan struktur registry didalam sistem pc.

Software Defragmentasi Registry

Dalam artikel saya sebelumnya yang berjudul Defragmentasi disebutkan, bahwa file Registry adalah file eksklusif.
  • Dalam defragmentasi registry tidak bisa diperlakukan sama seperti defragmentasi file lainnya, karena registry adalah file sistem yang senantiasa aktif begitu Windows diaktifkan, statusnya di lock (ter-kunci) oleh sistem.
  • Maka defragmentasi registry selalu akan meminta dilakukannya "Restart" sistem pc.
  • Dan hal ini memerlukan software defragmenter khusus untuk registry.
  • Ada banyak software seperti ini, contohnya adalah TuneUp_Utility yang juga menyediakan fitur Registry_Defrag. Sayangnya Software terkenal ini harus dibeli alias tidak gratis. Berikut adalah free-software untuk defragmentasi registry yang cukup bagus, dan gratis.
  • WinASO_RegDefrag_2.6.0, size 1,49 MB, lisensi Free, platform : Win2000/XP/Vista/Win7. Fitur utama: menganalisis kondisi area registry, memanfaatkan teknologi-rekonstruksi Microsoft, dan tersedia dua pilihan metode yaitu Quick dan Full defragmentasi. Tampilan sederhana, mudah dimengerti dalam penggunaannya. 
    Download :  http://www.winaso.com/setup/WinASO_RD_v2.6.0.exe 
Dibawah ini adalah screenshot nya, klik gambar untuk tampilan lebih besar.
defrag registry 1
gambar-1. Tampilan awal, tersedia dua opsi Quick & Full Defragmentation.
defrag registry 2
gambar-2. Tampilan setelah analisis struktur area registry.
defrag registry 3
gambar-3. Tampilan Informasi Analysis Report.
defrag registry 4
gambar-4. Tampilan setelah Defragmentasi (Quick). PC harus di Restart.
  • Registry Compactor v1.6.1. Software free yang sangat ringan dan mudah digunakan, layak untuk dipilih, buatan Acelogix. Mampu menata-ulang (rebuild) dan meng-indeks ulang (re-index) file registry. Hal ini dilakukan dengan cara menghapus ruang kosong (hole, gap) di dalamnya, sehingga registry menjadi "solid". Bisa juga disebut sebagai "registry defragmenter". Version: 1.6.1- Size: 590 KB - Rilis: Oct. 19, 2014 Platform: Windows 2000, 32/64-bit Windows XP, 2003, Windows Vista, 7, 8, 8.1.
    Download : http://acelogix.com/downloads/rc.exe.

Jika ada hal yang kurang dipahami, lihat box Artikel terkait dibawah artikel ini, klik text-link yang tersedia.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com