Berkah Herbal Banner 18



Rabu, 27 Januari 2016

Resize Partisi HDD

Resize Partisi HDD

Merubah Kapasitas Partisi Harddisk


Cara merubah ukuran atau kapasitas (resize) partisi harddisk untuk keperluan tertentu. Merubah kapasitas atau me resize partisi bisa dengan memperbesar kapasitas, atau memperkecil volume suatu partisi. Pengertian Partisi HDD bisa dibaca di artikel Pengertian FORMAT, link di Artikel terkait dibawah halaman ini.
Artikel ini adalah bagian dari artikel serial tentang Hard Disk Drive - HDD, terdiri dari artikel :

  1. HDD-SSD-SSHD 
  2. Format Hard Disk 
  3. High Level Format 
  4. Low Level Format 
  5. Disk Management - Format 
  6. Resize Partisi Hard Disk  ...artikel ini.
  7. Defragmentasi 
  8. Memeriksa Hard Disk 
Sebenarnya merubah ukuran atau resize partisi hdd bisa dilakukan dari dalam Windows. Tetapi menggunakan software partitioner pihak-ketiga, biasanya akan mendapat beberapa kemudahan dalam pelaksanaannya. Bahkan juga memiliki fitur yang lebih lengkap untuk keperluan "managemen harddisk" dibanding partitioner (Disk Management) milik Windows. Tentang Disk Management bisa dibaca artikel Disk Management-Format.
Easeus Partition Master 9.2.1 Home Edition
Salah satu software partitioner adalah Easeus Partition Master Home Edition 9.2.1 yang berlisensi free dan bisa didownload secara gratis. Software Easeus Partition Master ini memiliki fitur cukup lengkap untuk keperluan managemen harddisk. Dengan interface yang sederhana, dilengkapi diagram drive (geometric) sangat mempermudah dalam penggunaannya. Mendukung semua versi Windows.
Cara Merubah Kapasitas - Resize Partisi HDD
Klik gambar untuk tampilan lebih besar, atau klik kanan pilih Open in New Tab.

  • Gambar-1 : Diagram drive harddisk yang ada di dalam sistem PC.
    Dalam contoh ini ada dua buah drive harddisk yang terpasang, diagram atas adalah drive #1 (partisi C dan D) sedang diagram bawah adalah drive #2 yang berisi partisi F dan partisi G. Disini partisi F akan di resize kapasitas-nya agar menjadi lebih besar.

Untuk menambah kapasitas suatu partisi, harus tersedia ruang-bebas atau Unallocated space. Karena seluruh ruang (space) dalam drive #2 sudah terpakai semua, maka untuk memperbesar kapasitas partisi F harus terlebih dulu dibuat Unallocated space. Hal ini dilakukan dengan memperkecil ukuran partisi G.
partisi hdd
gambar-1. Keadaan awal drive #2 sebelum partisi F di resize.

  • Gambar-2 : membuat Unallocated space dengan memperkecil partisi G.
    Caranya adalah klik partisi G, geser mouse ke batas antara partisi F dan G. Kursor akan berubah bentuk menjadi "slider" (panah kanan-kiri). Sambil memperhatikan perubahan angka didalam diagram, klik dan geser kursor kekanan sehingga terbentuk Unallocated space (ruang bebas) yang berwarna abu-abu. Berhenti pada angka yang dikehendaki. Angka tesebut menunjukkan kapasitas partisi.

Perhatikan posisi unallocated space berdampingan dengan partisi F yang akan di-resize. Posisi ini penting, karena secara geometris menentukan "sector" yang berurutan didalam hdd. Kita bisa saja membuat unallocated space ini "dibelakang" partisi G. Tetapi ini akan menimbulkan "lompatan-sector" didalam partisi F nantinya. Dengan kata lain, partisi F akan disusun dari sector yang "tidak berurutan". Sangat buruk untuk performa penyimpanan & akses data dalam harddisk.
unallocated space
gambar-2. Membuat Unallocated space dengan memperkecil partisi G.

  • Gambar-3 : Memperbesar kapasitas partisi F.
    Caranya mirip seperti dalam membuat unallocated space diatas. Klik partisi F, tempatkan kursor pada "batas-belakang" (sisi-kanan) partisi F. Setelah kursor berubah menjadi "slider", klik-geser kursor sampai mencakup semua unallocated space, dan lepas mouse. Rancangan partisi F sudah jadi, dengan ukuran kapasitas yang lebih besar.

Jika ternyata masih belum sesuai yang dikehendaki, bisa dibatalkan dengan menekan tombol [Undo] di pojok kiri bawah. Dan bila rancangan sudah sesuai dengan keinginan, klik tombol [Apply].
resize partisi
gambar-3. Partisi F setelah ditambah Unallocated space.

  • Gambar-4 : Memulai proses resize partisi.
    Setelah menekan tombol [Apply], akan muncul jendela Konfirmasi, klik [Yes]. Tunggu sesaat sampai proses resize selesai, yang ditandai munculnya jendela Finish, dan klik [OK]. Pekerjaan resize partisi selesai. Tutup aplikasi Easeus nya.
resize partisi hdd
gambar-4. Jendela Konfirmasi.
Cara diatas bisa juga diterapkan untuk keperluan membuat partisi baru. Yang perlu diingat adalah menempatkan posisi yang tepat secara geometris untuk ruang-ruang (space) baru yang akan dibuat.

Download Easeus Partition Master 9.2.1 Home Edition Free  : copy & paste di browser dan tekan Go/Enter.
1. FileHippo:  http://fs35.filehippo.com/5647/d02aa708ff834f88a60574a1077a2cd2/epm.exe
2. Situs Easeus:  http://www.partition-tool.com/personal.htm   


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com