Berkah Herbal Banner 18



Rabu, 27 Januari 2016

MSConfig.exe Error 2

MSConfig.exe Error 2

Cara Memperbaiki Access Denied Error

Artikel ini, membahas tentang solusi memperbaiki msconfig error yang disebabkan oleh instalasi driver beberapa type/series printer HP. Error ini masuk katagori " Access Denied Error ", yang biasanya lumayan sulit diperbaiki.

Error ini sangat sulit dicari penyebabnya, semuanya berpusat didalam setting registry Windows yang telah berubah secara legal (bukan karena malware). Agak aneh memang.

Beberapa waktu yang lalu, saya sudah membahas tentang cara memperbaiki error msconfig yang disebabkan oleh Virus ataupun Trojan. Ini dapat dibaca pada artikel mastokkenari yang berjudul MSConfig.exe Error 1.

Instalasi driver dari beberapa type/series printer merek HP ternyata menyebabkan perubahan setting (secara legal) didalam registry. Legalitas inilah yang menimbulkan kesulitan dalam melacak kesalahan registry Windows, yang memicu " Access Denied Error " saat eksekusi file msconfig.exe.

Penyebab Access Denied Error Dalam MSConfig

Access Denied Error yang terjadi pada MSConfig, biasanya disebabkan oleh konfigurasi software driver milik printer HP (beberapa type/series). Otomatis hal ini hanya terjadi pada komputer yang menggunakan printer HP (type series tertentu).
Ini adalah penyebab lain yang sering ditemui, yang melatar belakangi munculnya error pada msconfig.

Error ini ditandai dengan, saat selesai melakukan perubahan konfigurasi sistem Windows dari dalam msconfig, dan kemudian menekan tombol OK,  muncullah pesan error seperti - gambar-1 dibawah ini :
msconfig-error-2

Solusi Access Denied Error Pada MSConfig

Langkah pertama dalam memperbaiki Access Denied Error pada msconfig adalah:
  • Periksa seperti cara dalam kasus msconfig error karena virus,
dan bila ternyata path file dan value registry msconfig semuanya benar, maka biasanya (tidak selalu) error ini disebabkan oleh salah satu file registry milik software driver printer merk HP (type-series tertentu).

Meskipun kemudian seperti dalam pesan error, kita log in sebagai Administrator, tetap saja Access denied error ini akan tetap muncul juga.

Ternyata ini disebabkan oleh file driver printer HP yang bernama PmlDriverHPZ12, yang di-load sebagai sebuah servicess menjadi sebuah start up program yang bersifat resident.

Servicess ini banyak digunakan aplikasi printer HP dalam operasi nya. Contohnya untuk : memonitor level tinta printer, menjalankan scanner dalam type HP All in One, dan banyak hal lain dalam komunikasi antara printer HP dan komputer.

Jika file tsb. di-nonaktifkan/disable dari Computer Management pun juga gagal, sebab mode-start nya tidak dapat diubah dari Automatic menjadi Manual atau Disable.

Tentu kita ingin agar fasilitas printer HP ini bisa berfungsi normal, sehingga pilihan disable bukanlah yang terbaik. Pilihannya adalah, merubahnya dalam mode Manual, sehingga msconfig tidak error, dan fasilitas printer HP pun bisa berfungsi normal.

Persoalannya sekarang adalah, bagaimana melakukan seting pada file ini (PMLDriverHPZ12) menjadi Disable, Manual atau Automatic.

Satu-satu nya cara yang bisa ditempuh (maunya HP?) adalah editing registry. Ikuti langkah dibawah ini dengan SANGAT hati-hati.
msconfig-error-2
memperbaiki-access-denied-error-msconfig

Cara Seting Mode Pada Registry PMLDriverHPZ12

Lihat gambar screenshot diatas, 

  • Klik Start > Run > ketik REGEDIT > Enter/OK.
  • Temukan path registry dibawah ini di dalam Registry Editor (regedit) yang terbuka.
       
HKEY_LOCAL_MACHINE/System/CurrentControlSet/Services/PML Driver HPZ12

  • Pada kolom sebelah kanan, klik-ganda pada key yang bernama [Start]gambar-2- diatas.
  • Ubah nilai value data (Decimal) ke salah satu nilai value dibawah ini
    2 = untuk Automatic (setting default inilah pemicu error)
    3 = untuk Manual
    4 = untuk Disabled
  • Klik OK > tutup Registry Editor > Restart komputer.
Pada setting Manual atau Disable, kondisi error (Access Denied Error) pada msconfig tidak akan muncul lagi

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com