Berkah Herbal Banner 18



Rabu, 27 Januari 2016

File CBS.Log Dari SFC

File CBS.Log Dari SFC


Cara Manual Perbaiki File Sistem Dengan File CBS.Log - SFC


Cara manual memperbaiki file sistem yang rusak ketika SFC tidak berhasil memperbaikinya, dan cara melihat isi file CBS.Log. Cara manual ini dilakukan dengan memanfaatkan isi file CBS.Log, sebuah log-file yang dibuat oleh utility SFC - System File Checker. File CBS.Log berisi catatan semua aktifitas SFC saat melakukan scan dan usaha perbaikan file sistem yang rusak.
File CBS.Log
perbaiki file sistem yang rusakGambar-1
Jika ada file sistem rusak, dan SFC berhasil (atau tidak berhasil) memperbaikinya, semuanya akan dicatat dalam CBS.Log. Tentang file apa yang rusak, dan telah berhasil ataupun gagal diperbaiki. Jadi dengan melihat isi CBS.Log kita akan tahu file sistem apa saja yang gagal diperbaiki oleh SFC. Singkatnya, CBS.log adalah "rekaman" aktifitas SFC.
Jujur saja, isi Sfcdetails.txt (salinan CBS.log) sangat "tidak menarik". Semuanya hanyalah teks yang amat teknis dan sangat panjang (dan sulit dipahami) - Gambar-1. Tak perlu khawatir, kita hanya ingin menemukan
(jika tidak keburu sakit kepala) nama-file sistem yang gagal diperbaiki oleh SFC.

>>> Klik Gambar untuk tampil lebih besar, atau klik-kanan pilih Open In New Tab.
Dan selanjutnya kita bisa berusaha untuk memperbaiki atau (lebih tepat) mengganti file sistem tsb. secara manual. Memang kasus seperti ini tidak selalu mudah untuk diperbaiki secara manual oleh user, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Jika Anda ingin mendapat pengalaman "hebat", silahkan dilanjut. Jika tidak, silahkan stop saja disini  :)

  • File CBS.Log ada di path : %Windir%\Logs\CBS\CBS.log. Place-holder : %Windr% menyatakan direktori tempat Windows ter-instal, yang umumnya ada di : C:\Windows. Anda bisa mencoba untuk HANYA melihat saja, dan sebaiknya tidak melakukan perubahan apapun di dalamnya.
  • Untuk troubleshoting (perbaikan), sebaiknya kita menyalin (copy) CBS.log ke suatu file teks (.txt), misalnya Sfcdetails.TXT. Kita bisa menyalinnya menggunakan perintah findstr dari command prompt Adiminstrator. Tentu saja kita harus melakukan hal ini setelah selesai menjalankan SFC, sehingga kita akan memperoleh informasi letak kegagalan SFC.
  • Format penulisan dalam CBS.log adalah : Tanggal | Jam | Detil SFC. Yang perlu diperhatikan dalam mencari sesuatu dalam Sfcdetails.txt (atau CBS.log) adalah perhatikan bagian tanggal/jam saat SFC dijalankan. Ini akan melokalisir apa yang ingin kita temukan, sebab CBS.log berisi catatan seluruh kegiatan SFC dari awal Windows di-instal. Setelah berhasil menyalin CBS.log, kemudian kita bisa membuka salinan tsb. untuk keperluan perbaikan file sistem yang rusak.
  • Bekerja pada lingkungan "file sistem" membutuhkan Elevated (Administrator) Command Prompt. Buka Elevated Command Prompt (comand prompt level administrator). Dari dalam Windows, caranya : klik Start - All Programs - Accessories - klik-kanan Command Prompt - Run As Administrator. Jika tidak bisa masuk Windows bisa melalui System Recovery Options, atau dari Safe Mode Command Promprt.


Melihat detil Proses SFC dalam CBS.Log
Ada beberapa cara yang bisa anda pilih dibawah ini untuk melihat isi file CBS.log.
  1. Copy hanya bagian (string) kegagalan SFC. 
    1. Buka Elevated Command Prompt (command prompt administrator). 
    2. Pada Command Prompt ketik perintah di bawah ini, lalu tekan Enter. Perintah ini untuk menyalin bagian (string) CBS.log yang berisi file sistem yang gagal diperbaiki oleh SFC.
      findstr /c:"[SR]" %windir%\Logs\CBS\CBS.log >"%userprofile%\Desktop\sfcdetails.txt". 
    3. Akan muncul file Sfcdetails.txt di desktop, lalu buka file tsb. untuk melhat isinya, dan temukan file sistem rusak yang tidak bisa diperbaiki oleh SFC.
  2. Copy seluruh file CBS.log sebagai file-teks (txt).
    1. Buka Elevated Command Prompt (command prompt administrator).
    2. Pada Command Prompt ketik perintah di bawah ini, lalu tekan Enter. Perintah ini untuk menyalin CBS.log menjadi sebuah file teks.
      copy %windir%\Logs\CBS\CBS.log D:\sfcdetails.txt. 
    3. Akan muncul file sfcdetails.txt dalam root-direktori D:\. Buka file tsb, dan cari file yang gagal diperbaiki oleh SFC.
  3. Membuka (membaca) file CBS.log.
    1. Cara ini adalah untuk langsung membuka file CBS.log untuk mengetahui letak kegagalan SFC. Sebaiknya anda tidak merubah isinya.
    2. Dari Start -> All Programs -> Accessories. Klik kanan Notepad -> pilih Run As Administrator. Isi password jika diminta, atau klik Continue.
    3. Klik File -> Open. Pada File Name -> ketik %windir%\Logs\CBS\CBS.log (jangan ada spasi di belakang kata "log"). Gambar-2.
    4. Klik Open. Tunggu sesaat, file CBS.log akan terbuka dalam Notepad.
    5. Selanjutnya klik menu Edit -> Find -> ketik cannot repair -> klik tombol Find Next. Gambar-3.
    6. Anda akan melihat kata "cannot repair" dalam Notepad di highlight. Di belakang kata cannot repair tsb akan ditemukan nama file yang terletak dalam tanda-petik. File itu adalah file yang rusak dan tidak bisa diperbaiki oleh SFC. Gambar-3.
    7. Perhatikan bagian tanggal/jam, pastikan adalah tanggal/jam saat menjalankan SFC. Selanjutnya catat nama file tsb.
    8. Kemudian cari lagi file lainnya siapa tahu masih ada yang gagal diperbaiki SFC. 
    9. Sekarang Anda sudah memiliki (daftar) nama file rusak yang akan Anda perbaiki secara manual.
  4. Membaca CBS.log menggunakan Software.
    1. Jika cara-cara di atas dirasa sulit, bisa menggunakan bantuan software "Read & Analyze CBS.Log v1.0". Software free yang kecil.
    2. Software ini sangat mudah digunakan dan akan sangat membantu. Gambar-4.
    3. Download di : http://www.mediafire.com/?gdw58f1slxdw6ek.
>> Klik gambar untuk tampil lebih besar, atau klik kanan, pilih Open In New Tab.


membuka file cbs log
Gambar-2
mencari file sistem yang rusak
Gambar-3
perbaiki file sistem yang rusak
Gambar-4
Cara Manual Mengganti File Sistem Rusak yang Gagal diperbaiki oleh SFC

  • Setelah tahu nama file sistem yang rusak, Anda harus mencari lokasi file tsb berada. Untuk hal ini bisa gunakan fasilitas Find File  atau Search dari Explorer, kemudian catat lokasi file tsb.
  • Selanjutnya Anda tinggal mengganti file yang rusak dengan file baru yang normal. Untuk mendapatkan file pengganti-nya, anda bisa meng-copy dari komputer lain yang tidak bermasalah, dan memiliki Windows versi-nya sama dengan PC anda. Kemudian letakkan file copy-an tsb di hdd PC anda, misalnya di folder Temp ( atau folder apapun yang anda suka).
  • Selanjutnya ikuti langkah di bawah ini. Dalam contoh berikut, adalah mengganti file jscript.dll yang rusak - (C:\windows\system32\jscript.dll) dengan file yang normal dari hasil copy - (E:\temp\jscrpt.dll).
mengganti file sistem yang rusak
Gambar-5. Mengganti File Sistem yang rusak.

  1. Buka Command Prompt Administrator.
  2. Batalkan "hak kepemilikan (ownership)" dari file sistem yang rusak, caranya ketik perintah di bawah ini lalu tekan Enter.
    takeown /f [Path_And_File_Name] , --> [Path_And_File_Name] adalah lokasi & nama file yang rusak.
    pada contoh ini menjadi : takeown /f C:\windows\system32\jscript.dll   - Gambar-5.
  3. Menerapkan "hak Administrator akses penuh" pada file yang rusak, caranya ketik perintah di bawah ini lalu tekan Enter.
    icacls [Path_And_File_Name] /GRANT ADMINISTRATORS:F , --> [Path_And_File_Name] adalah lokasi & nama file yang rusak.
    pada contoh ini menjadi : icacls C:\windows\system32\jscript.dll /grant administrators:F  - Gambar-5.
  4. Ganti file yang rusak dengan copy-an file yang normal, caranya ketik perintah di bawah  ini, lalu tekan Enter. 
    Copy [Source_File] [Destination] , --> [Source_File] adalah lokasi file yang normal, [Destination] adalah lokasi file yang rusak.
    pada contoh ini menjadi : copy E:\temp\jscript.dll C:\windows\system32\jscript.dll.
  5. Lakukan hal yang sama untuk mengganti file lainnya (jika ada).
  6. Setelah semua selesai, tutup Command Prompt, lalu Restart komputer.
  7. Sampai disini Anda sudah bekerja layaknya teknisi profesional  :) Semoga jerih payah Anda membuahkan hasil.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com